Kamis, 31 Mei 2012

make barang orang tanpa ijin? malu ga sih?

Pagi ini saya mangkel sekali. Pasalnya, pagi2 abis jemur cucian, ibu yg jaga kosan cerita kalo minyak goreng yg saya taroh di dapur, tumpah. Lebay sampe mangkel segitunya? oke. Jadi saya beli minyak isi 1 liter itu 3 hari yg lalu, dan baru saya pakai sekali untuk nggoreng 3 biji roti sosis buat bekal hari selasa pagi. Dan sekarang, minyak itu tinggal sekitar 1 sendok saja. Bisa dibayangin sebanyak apa yg tumpah sia2? Aaargh, entah ini sudah keberapa kalinya. Seingat saya, 3 kali terakhir saya beli minyak goreng ya saya ga pernah merasa buang bungkusnya (termasuk sisa isinya yg kadang2 masih setengah ato seperempat). Ga cuma minyak lho, telur, yoghurt, eskrim, dan makanan2 lain yg saya taruh di dapur ato di kulkas bersama sering hilang ato berkurang kuantitasnya begitu saja. Ga usah lah dihitung berapa kali, bikin sakit hati kalo diruntut ke belakang2.Teman kos saya bahkan juga pernah, masakan yg dibuatin spesial oleh mamanya dan dikirim jauh2 dari rumah, hilang tak berbekas ketika ditaroh di kulkas, lengkap dg tempatnya yg raib sampe sekarang. Ngelus dada lah ya..

Astaghfirullah, harus positive thinking gimana lagi ya, bukan masalah harganya yg saya permasalahkan. Toh saya ga pernah naroh makanan mahal di situ (walo lama2 kalo diakumulasiin ya rugi bandar juga ni).Tapi attitudenya itu lho, sopan santunnya. Kalau misalnya mau makai atau mau minjem, ya minta ijin apa susahnya sih. Tanya dulu kek itu punya siapa. Atau kalo ga sengaja numpahin ya tanyain itu punya siapa, trus minta maaf. Tolong dong hargain hak kepemilikan orang lain, toh kalo makanan yg mau dishare (misal, ketika bawa oleh2 dari daerah tertentu) ya pasti kita tawarin kok. Tapi kalau ga dipersilakan ya jangan maen ambil aja dong. Bukan pelit ya, siapa sih yg ga nyesek kalo kejadian kayak gitu udah berulang2 terjadi. Seinget saya, ga pernah ada kesepakatan tuh kalau barang yg di kulkas ato dapur itu otomatis jadi milik bersama. hufh..